Wednesday, January 26, 2005

Sunny Day



Sudah hampir seminggu ini cuaca “muram” banget. Kalo gak hujan ya mendung. Jadinya kita terbawa suasana untuk malas, pengennya tidur terus, dan tentu saja gak bisa kemana-mana. Tapi pagi ini totally different. Pagi ini cerah sekali. Matahari bersinar dengan sangat cerahnya. Cuaca yang cerah ini juga menular ke hati. Rasanya “in the mood” untuk ngerjain berbagai hal..

Kemarin saya pergi interview ke salah satu perusahaan di Wisma BNI’46 Sudirman. Ini menjadi interview saya yang ke 3 dalm proses mencari kerja selama ini . Not so bad. Tapi juga tidak terlalu optimis, karena selain wawancaranya in English (dan saya gak bisa gitu lho…), rasanya mereka sangat mempertimbangkan calon karyawan yang sudah berkeluarga dan tinggal nun jauh di bogor pula!!!

Saya tidak mengerti kenapa kayaknya (menurut pengalaman saya) ”lebih” susah bagi calon karyawan yang sudah berkeluarga untuk bersaing dengan calon karyawan yang belum berkeluarga. What’s the different? Kita kan sama-sama mencari kerja dengan motivasi kerja yang kurang lebih sama demi untuk aktualisasi diri, mengisi waktu, dan uang. Apakah pihak perusahaan takut konsentrasi dalam bekerja akan terpecah untuk keluarga? Rasanya tidak seharusnya seperti itu. Menurut logika saya, calon karyawan yang sudah berkeluarga mungkin akan lebih berkomitmen dalam bekerja, karena bagaimanapun sekarang mereka tidak hanya bertanggung jawab pada diri mereka sendiri tapi juga untuk keluarga. Mereka tidak bisa lagi bermain-main dalam bekerja hanya untuk sekedar mencari jati diri dan tempat kerja yang paling sesuai.

Kalau kita ditanya apa hal yang paling berharga bagi kita saat ini? Saya rasa tidak sedikit yang akan menjawab the most valuable thing for me right now is FAMILY. Untuk keluarga rasanya kita bersedia untuk melakukan apa saja, termasuk bekerja dengan sungguh-sungguh demi kesejahteraan keluarga kita. So, menurut saya rasanya tidak adil bila menganggap calon karyawan yang sudah berkeluarga “lebih bermasalah” dan ”berkurang point-nya” dibandingkan dengan calon karywan yang belum berkeluarga.

Ini sekedar wacana, dan saya harap apa yang saya kemukakan di atas tidak benar adanya…hehehehe

No comments: